Saturday, June 13, 2009

Meng-compress origianl Photo kapasitas besar (lebih dari 1 MB, Mega Byte bukan bite) ke kapsitas yang lebih kecil (dibawah 1 MB)

Bagi Para Blogger, FS-user atau FB-user pasti sering memasukkan photo favorite ke dalam webnya (Webblog untuk blogger, Webfriendster untuk FS-user, dan Webfacebook untuk FB-user). Photo-photo yang di upload oleh user biasanya didapat dari Digital Camera. Hal ini dikarenakan hasil dari Digital Camera jauh lebih bagus dari pada Webcam atau Camera dari HP. Hasil dari Digital kamera lebih bagus dikarenakan pixelnya (yang belum mengerti pixel bisa baca di www.wikipedia.com, tapi penjelasannya bahasa Inggris, Perancis, Rusia atau bahasa melayu).

Masalah sering timbul pada saat Upload Photo dikarenakan kapasitas Photo diatas 1MB yang mengakibatkan proses Upload lama atau error. Beberapa user sering mengakali masalah ini dengan mengubah ukurannya menjadi lebih kecil yang membuat pixelnya berkurang sehingga kapasitasnya juga menurun. Namun tak sedikit user yang me-resize Photonya sampai sangat kecil sehingga tidak bagus hasil resize yang telah dilakukan.

Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang cara menurunkan kapasitas tanpa terlalu banyak menurunkan pixel dari hoto tersebut. Cara yang saya pakai dengan menggunakan 3 macam cara/aplikasi yang mudah/userfriendly bagi semua golongan user. Aplikasi tersebut antara lain: Adobe Photoshop (versi yang berapa pun boleh dipakai), Microsoft Office Picture Manager(hanya ada pada office 2003 dan 2007) dan ACDSee (Versi tertentu).

 

Adobe Photoshop

  1. Buka Aplikasi Adobe PhotoShop
  2. Buka Gambar yang akan di compress, misalnya file big_1.bmp

  1. klik file, save as…

  1. pilih jenis file JPEG

  1. Isikan seting seperti pada gambar, kemudian klik ok.

  1. bila diperiksa pada file hasil compress akan terlihat perbedaan kapasitas yang sangat jauh (5,626KB menjadi 1,557KB), namun pixel tetap sama.

 

Microsoft Office Picture Manager

  1. Buka Aplikasi Microsoft Office Picture Manager
  2. Buka Gambar yang akan di compress, misalnya file big_4.bmp

  1. Klik Edit Pictures… kemudian klik Compress Pictures

  1. Pilih Documents kemudian klik Ok

  1. maka hasilnya akan menjadi 14.7KB dari 5.49MB
  2. klik file, save as…
  3. pilih lokasi yang diinginkan lalu tekan save

 

ACDSee (pada peng-compress-an kali ini dipakai versi 8)

  1. Buka Aplikasi Microsoft Office Picture Manager
  2. Buka Gambar yang akan di compress, misalnya file Geng Bangsad.jpg

  1. klik kaan, edit

  1. Klik Resize

  1. isi present dengan ukuran 1024x768, lalu klik estimate file size, akhiri dengan menekan done.

  1. Tekan finished editing, kemudian pilih save as…

  1. pilih lokasi penyimpanan lalu tekan save.

 

Dari tiga macam cara compress image tersebut tersdapat kelemahan dan kelebihannya. Pada photoshop hasil pixel tidak berubah hanya kapasitasnya saja, tapi hasilnya masih memiliki kapasitas diatas 1MB. Walaupun demikian hasil yang diperoleh cukup bagus mengingat penurunannya hampir mencapai 4MB. Pada Microsoft Office Picture Manager hasil kompresan jauh dari 1MB, dapat melakukan kompresan lebih dari satu dalam satu kali perintah, namun sayangnya pixel dan ukuran juga terpaksa juga mengalami pengkompresan. Sedangkan untuk ACDSee, hasil kompresan berada di antara photoshop dan Microsoft Office Picture Manager, bisa juga melakukan multi compressing pada semua image dalam satu folder, kelemahannya sama dengan Microsoft Office Picture Manager yaitu pixel dan ukuran terpaksa harus dicompress juga.

Sekian dulu pembahasan dari saya. Selamat mencoba… ^_^

Blogged with the Flock Browser

No comments: