Saturday, March 27, 2010

Tugas Pertemuan 3 ( 2 )

Alasan pembuatan & penghentian suatu proses

Alasan Pembuatan : tanpa adanya proses sebuah sistem operasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya,karena tugas dari so adalah mengatur eksekusi,dimana sebuah eksekusi itu berjalan karena adanya manajemen proses.definisi dari proses itu sendiri adalah unit aktifitas yang dicirikan oleh eksekusi serangkaian instruksi, current state (status terkini) & himpunan instruksi sistem terkait (associated).

Alasan penghentian suatu proses : masih banyak aplikasi yang membutuhkan sumber daya sehingga Processor di-switch antar banyak aplikasi sehingga perangkat I/O dapat digunakan secara efisien dan juga menghindari komputer mengambang ( hang ).

Ø Jelaskan tentang model proses lima status beserta kemungkinan transisinya!

Model proses lima status adalah model alur proses kerja dengan menggunakan lima pos atau lima pengaturan jalan proses sehingga alur dan penjadwalan proses dapat terkontrol.



* proses baru akan masuk lewat pos New
* kemudian masuk pada pos Ready untuk antri giliran panggilan proses oleh Dispatch
* setelah dipanggil Dispatch akan diproses pasa pos Running
* bila waktu giliran habis namun proses belum selesai maka proses akan menuju pos Blocked untuk menunggu giliran masuk pos Ready untuk menyelesaikan sisa proses
* bila proses selesai sebelum waktu giliran habis maka proses akan keluar melalui pos exit dan akan diganti proses berikutnya

Jelaskan tentang model proses dua status suspended beserta kemungkinan transisinya!

Model proses pada status dua suspended merupakan model proses yang mengakibatkan processor lebih cepat daripada I/O sehingga semua proses dapat menunggu I/O.Swap proses sedemikian ke disk untuk membebaskan lebih banyak memory & menugaskan processor pada lebih banyak proses.Dimana Status Blocked berubah menjadi Suspend ketika proses dialihkan ke disk.

kemungkinan transisinya:

· Swapping : SO harus membebaskan cukup main memory agar suatu proses siap eksekusi.

· Request User Interaktif: Misalnya, debugging atau berhubungan dengan

pemanfaatan sumber daya.

· Timing :Proses dapat dieksekusi secara periodik (misal, sistem monitoring sistem atau accounting) & boleh di-suspend selama menunggu waktu berikutnya.

· Request Proses Induk Proses induk berkeinginan men-suspend eksekusi dari suatu turunan untuk menguji atau mengubah proses turunan tersebut atau mengkoordinasikan aktifitas dari berbagai keturunannya.



Jelaskan elemen-elemen dari Process Control Block (PCB)!

Proses Suatu unit aktifitas yang dicirikan oleh eksekusi serangkaian instruksi, current state (status terkini) & himpunan instruksi sistem terkait (associated).

Suatu proses tersusun dari:

– Kode program (mungkin di-share)

– Sekumpulan data

– Sejumlah atribut yang mendeskripsikan status dari proses tersebut.

Selama proses berjalan, Process Control Block (PCB) mempunyai sejumlah elemen, mencakup

– Identifier

– State

– Priority

– Program counter

– Memory pointers

– Context data

– I/O status information

– Accounting information



Gambar-element pada PCB

Process Control Block (PCB) Berisi elemen-elemen proses yang dibuat dan dikelola oleh sistem operasi yang memberikan dukungan bagi banyak proses.

No comments: